Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7342
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAudina, Rafika-
dc.date.accessioned2020-11-04T03:07:00Z-
dc.date.available2020-11-04T03:07:00Z-
dc.date.issued2019-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7342-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan membahas tentang Strategi Komunikasi Pendidikan Antara Guru Kepada Siswa dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Banyak hambatan yang terjadi di lapangan dan salah satu hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah karakteristik dari siswa tersebut dan strategi komunikasi apa yang biasanya dilakukan oleh guru kepada siswa. Hampir sebanyak 80 persen aktivitas guru di ruang kelas adalah kegiatan komunikasi baik verbal maupun non verbal. Oleh karena itu, hasil penerimaan kepada siswa akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat pemahaman dari siswasiswa tersebut. Maka guru harus mengenal karakteristik dari siswa-siswanya dan melakukan evaluasi dalam pengajaran sehingga akan melakukan strategi komunikasi yang tepat dan efisien. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data-data penelitian diperoleh melalui penelitian dilapangan, yaitu dengan observasi dan wawancara mendalam oleh beberapa narasumber yang menjadi sumber informan. Data yang diperoleh dan analisa secara deskriptif kualitatif sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin di capai. Data sekunder diperoleh dari buku-buku penunjang penelitian serta bahan-bahan lain yang sesuai dengan kajian penelitian. Hasil analisa menunjukkan bahwa strategi komunikasi pendidikan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa di sekolah lebih kepada ganjaran, dalam kenyataannya guru sering salah mengartikan strategi ini, guru hanya memahami berupa hukuman yang diberikan kepada siswa yang bersalah, padahal seharusnya ganjaran itu juga diberikan kepada siswa yang berprestasi dalam bentuk hadiah, pujian dan lain-lain. Strategi komunikasi yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi siswa di sekolah dapat berjalan dengan baik apabila komunikasi berjalan dengan interaktif dan juga tentang media pembelajaran yang mendukung untuk proses belajar mengajar berlangsung di SD Muhammadiyah 20en_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Pendidikanen_US
dc.subjectPemahaman Siswaen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Proses Belajar Mengajar Di Sd Muhammadiyah 20en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Rafika Audina (Full).pdf4.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.