Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6916
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAsmita, Nada-
dc.date.accessioned2020-11-02T09:53:39Z-
dc.date.available2020-11-02T09:53:39Z-
dc.date.issued2019-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6916-
dc.description.abstractPenelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuibesarnyakeuntungan,marginpemasarandanefisiensipemasaranjagungmanisdiDesaJatiKesumaKecamatanNamorambeKabupatenDeliSerdang.Metodeanalisisdatakeuntunganusahatani yang di gunakan yaitu= TR–TC,Untukmenganalisismarginpemasaran,dan efisiensi pemasaran.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaRata-rata totalpenerimaanyang di dapat oleh petani sebesar Rp. 14.985.416,67 dengan rata-ratapengeluaran untuk biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp. 4.110.066,-sehingga petani jagung manis mendapatkan pendapatan rata-rata yaitu sebesarRp.10.095.482,67,-Permusimpanen.Dari penelitian tersebut diketahui bahwa ada 2saluran pemasaran yang terjadi. Yang pertama yaitu Petani→PedagangPengumpul→Pedagang Besar→Pedagang Pengecer→Konsumen. Yang keduayaitu Petani→Pedagang Besar→Pedagang Pengecer→Konsumen.margin yangditerimayaitu sebesar 576,92 untuk pedagang pengumpul, 769,23 untuk pedagangbesar, dan4.500untuk pedagang pengecer dan pada saluran pemasaran II marginditerima yaitu sebesar 530,77 untuk pedagang besar, dan5.300untuk pedagangpengecer. Sedangkan untuk farmer’s share didapat nilai pada saluran pemasaranyang pertama yaitu sebesar 35,71% sedangkan untuk saluran pemasaran yangkedua didapat sebesar 33,75%.Jika EP <33% maka sistem pemasaran jagungmanis dinilai efisien. Dan persentase yang paling rendah terdapat pada saluranpemasaran yang kedua dengan nilai persentase sebesar 7,57% dan dinyatakanyang paling efisien.en_US
dc.subjectPetanien_US
dc.subjectKeuntunganen_US
dc.subjectPedagangen_US
dc.subjectSaluran Pemasaranen_US
dc.subjectMarginen_US
dc.subjectEfisiensi Pemasaranen_US
dc.titlePemasaran Jagung Manis (Zea mays saccharataSturt) Menggunakan Pendekatan Analisis Kinerja Pemasaran(Studi Kasus : Desa Jati Kesuma Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NADA ASMITA.pdf412.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.