Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6881
Title: Analisis Pemasaran Usahatani Tomat (Lycopersicum Esculentum Mill) (Studi Kasus: Desa Raya Bayu Kecamatan Pematang raya Kabupaten Simalungun)
Authors: Dia, Bella Tri Ayu
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis Pemasaran Usahatani Tomat (Lycopersicumesculentum mill), untuk mengetahui saluran pemasaran yang terjadi disetiap rantai pemasaran serta menghitung margin pemsaran di setiap lembaga yang terkait dengan itu untuk mengetahui saluran pemasaran yang terjadi efisien atau tidak efisien. Lokasi penelitian ini dilakukan diDesa Raya Bayu Kecamatan Pematang Raya Kabupaten Simalungundaerah tersebut merupakanpenghasil komoditas pertanian unggulan. Data primer diproleh dengan cara wawancara dan kuesioner langsung dengan responden. Dalam penelitian ini banyaknya sampel yang diambil 40 di antaranya 34 petani dan lembaga yang terkait 2 pedagang pengumpul, 1 pedagang besar, dan 3 pedagang pengecer.Adapun penentuan jumlah sampel yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan metode slovin. Analisis data yang digunakan adalahalat analisis biayadan margin pemasaran (cost margin analysis) yaitu dengan menghitung besarnya biaya, keuntungan dan margin pemasaran pada tiap lembaga perantara pada berbagai saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Saluran pemasaran yang terjadi di Desa Raya Bayu KecamatanPematang Raya Kabupaten Simalungun adalah 2 Saluran pemasaran yang pertama Saluran pemasaran tingkat III yang terdiri dariPetani –Pedagang pengumpul –Pedagangbesar –Pedagangpengecer –konsumen, dan yang kedua Saluran pemasaran Tingkat II yaitu Petani –PedagangPengumpul –Pedagangpengecer –konsumen .(2) Margin pemasaran disetiap saluran pemasaran terdapat perbedaan disetiap saluranpemasaran, seperti pada salurantingkat III harga jual petaniy aitu Rp.5.000,-/kg dan harga jual kekonsumen mencapai Rp.8.000,-/kg berarti selisih harga petani kekonsumen mencapai Rp.3.000,-/kg sama halnya seperti saluran pemasaran tingkat II. (3) Tingkat saluran pemasaran pada penelitian dari dua saluran pemasaran ini dikatakan efisien, untuk saluran pemasaran tingkat III persentasi efisiensi pemasaran sebesar 12% dan pemasaran tingkat II persentasi efisiensi pemasaran sebesar 11% , jadi keduanya termasuk kedalam efisien karena persentase<33%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6881
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BELLA TRI AYU DIA.pdf740.52 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.