Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6750
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIsmail-
dc.date.accessioned2020-11-02T04:51:58Z-
dc.date.available2020-11-02T04:51:58Z-
dc.date.issued2019-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6750-
dc.description.abstractSistem saluran pemasaran (marketing channel system) merupakan sekelompok saluran pemasaran tertentu yang digunakan oleh sebuah perusahaan dan keputusan tentang sistem ini merupakan salah satu keputusan terpenting yang dihadapi manajemen. Proses pemasaran jagung Sampai ke pengolahan melibatkan beberapa lembaga pemasaran, yaitu orang atau lembaga yang terlibat dalam pemasaran jagung. Dalam proses pemasaran ini jagung yang dipasarkan dari penelitian yang dilakukan di Desa Rikit Gaib terdapat dua saluran pemasaran yang dilakukan, adapun saluran pemasaran yang terdapat di desa Rikit Gaib Kecamatan Rikit Gaib adalah sebagai berikut: Tipe saluran I : dimulai dari Petani kemudian ke pedagang Pengumpul dan kemudian sampai ke Pedagang besar. Tipe saluram II : dimulai dari Petani kemudian langsung ke pedangang besar. Penelitian ini bertujuan mengetahui saluran pemasaran jagung di Desa Rikit Gaib Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues, mengetahui besar biaya pemasaran jagung di Desa Rikit Gaib Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues, mengetahui besar Share Margin saluran pemasaran jagung di Desa Rikit Gaib Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues, dan mengetahui besar efisiensi pemasaran jagung di Desa Rikit Gaib Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini dilakukan pada Juli September 2019. Penentuan sampel menggunakan metode Survei (yaitu suatu cara pengambilan sampel dari populasi dan menggunakan wawancara atau kuisioner untuk mengisi data penelitian) maka sampel dalam penelitan ini adalah sebanyak 30 orang petani.Lembaga pemasaran yang terkait dalam penelitian ini adalah 4 pedagang pengumpil dan 1 pedagang besar.Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenaga kerja, dan biaya pengeringan untuk pedagang besar.Hasil perhitungan diperoleh bahwa besarnya margin di setiap saluran pemasaran berbedabeda, dimana total margin pemasaran jagung hingga sampai ke pengolahan jagung pada pola saluran pemasaran pertama sebesar Rp 700, dan total margin pada saluran pemasaran kedua yaitu sebesar Rp 600. Efisiensi pemasaran di Desa Rikit Gaib pada setiap saluran pemasaran termasuk dalam kategori efisien.Karena nilai EP ≤ 50%. Pada saluran pemasaran yang pertama nilai Ep adalah sebesar 5,02%, dan pada saluran pemasaran yang kedua nilai Ep adalah sebesar 4,34%.en_US
dc.titleANALISIS PEMASARAN JAGUNG (Zea mays) (STUDI KASUS : DESA RIKIT GAIB KECAMATAN BUKIT GAIB KABUPATEN GAYU LUES)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.