Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6509
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Ade Priyanti-
dc.date.accessioned2020-10-27T08:30:05Z-
dc.date.available2020-10-27T08:30:05Z-
dc.date.issued2019-09-13-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6509-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah model pembelajaran Osborn berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa Kelas VII SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa Kelas VII SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen yang betul-betul (true experimental) dengan desain pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP PAB 8 Sampali yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Osborn yang berjumlah 32 siswa dan siswa kelas VII-D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model ekspositori yang berjumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Tes tertulis tersebut berbentuk tes uraian yang berisikan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen adalah 52,34 dan kelas kontrol sebesar 46,41. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80,53 dan kelas kontrol sebesar 70,06. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung yaitu 5,9730 dan ttabel yaitu 1,9993, diketahui bahwa thitung > ttabel (5,9730 >1,9993), ini berarti ditolak dan diterima dengan taraf signifikan α=0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Osbornen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP PAB 8 Sampali T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ADE PRIYANTI HASIBUAN.pdf2.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.