Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6419
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPramesthi, Nie Hemas-
dc.date.accessioned2020-10-27T05:49:49Z-
dc.date.available2020-10-27T05:49:49Z-
dc.date.issued2019-03-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6419-
dc.description.abstractAdapun tujuan dari penelitianini yaitu untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual baik secara parsial maupun simultan terhadap tingkat pemahaman dasar akuntansipada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.Kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual ini mampu melatih kemampuan mahasiswatersebut, yaitu kemampuan untuk mengolahperasaannya, kemampuan untuk memotivasidirinya, kesanggupan untuk tegar dalammenghadapi frustasi, kesanggupanmengendalikan dorongan sesaat, mengatur suasana hati yang reaktif serta mampu berempati danbekerja sama dengan orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektualbaik secara parsial maupun simultan terhadap tingkat pemahaman dasar akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis diketahui nilai thitungvariabel kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman dasar akuntansi sebesar6,068dibandingkan nilaittabel1,65251berarti6,068>1,65251 yang artinya variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruhterhadap variabel tingkat pemahaman dasar akuntansipada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Hasil pengujian hipotesis diketahui nilai thitungvariabel kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman dasar akuntansi sebesar-0.710dibandingkan nilaittabel1,65251berarti-0.710<1,65251 yang artinya variabel kecerdasan intelektual tidak memiliki pengaruhterhadap variabel tingkat pemahaman dasar akuntansipada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Adapun hasil pengujian hipotesis diketahui terdapat pengaruh secara simultan kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama terhadap tingkat pemahaman dasar akuntansipada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dimana nilai F hitung = 18,551> F tabel 3.85berarti Ha diterima dan Ho ditolak.en_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.subjectKecerdasan Intelektual dan Tingkat Pemahaman Dasar Akuntansi.en_US
dc.titlePengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Tingkat Pemahaman Dasar Akuntansien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Nie Hemas Pramesthi.pdf1.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.