Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6125
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Rizka Yola Annisa-
dc.date.accessioned2020-10-24T07:44:52Z-
dc.date.available2020-10-24T07:44:52Z-
dc.date.issued2019-10-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6125-
dc.description.abstractBahan ajar merupakan suatu hal yang sangat penting bagi guru dan peserta didik dalam menciptakan proses belajar, bahan ajar yang digunakan secara efektif memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap guru di sekolah. Kemandirian peserta didik salah satunya dapat dilihat dari bagaimana peserta didik mampu menyelesaikan soal dengan langkah-langkah pemecahan masalah yang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan bahan ajar matematika Leaflet berbasis pemecahan berdasarkan langkah-langkah Polya dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar matematika Leaflet berdasarkan langkah langkah Polya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4-D dengan tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate) karena keterbatasan waktu penelitian ini dilakukan hingga tahap pengembangan (develop). Hasil penelitian ini berupa bahan ajar matematika Leaflet pada materi matriks untuk peserta didik kelas XI. Karakteristik bahan ajar yang dikembangkan adalah: (1) berbentuk media cetak, (2) dikembangkan dengan kalimat yang sedehana dan didesain menarik, (3) mengutamakan keterlibatan peserta didik berdasarkan COBA yang dirancang dalam bahan ajar, (4) menyajikan soal yang menuntut jawaban peserta didik yang berhubungan dengan pemecahan masalah berdasarkan langkah-langkahn Polya. Bahan ajar yang dikembangkan peneliti memenuhi kriteria layak dan kategori baik atas dasar skor penilaian RPP, bahan ajar matematika Leaflet, dan tes hasil belajar oleh satu dosen ahli dan satu guru matematika berturut 4,03, 3,96, 4,05 dengan skala 5. Tes hasil belajat menunjukkan persentase 84,86% termasuk dalam kriteria “tinggi” yaitu berada pada kisaran 85% - 100%.en_US
dc.subjectBahan Ajar Matematika Leafleten_US
dc.subjectPemecahan Masalahen_US
dc.subjectPolyaen_US
dc.titlePengembangan bahan ajar berbasis pemecahan masalah berdasarkan langkah-langkah polya pada siswa SMK Swasta Tritech Informatika Medan T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RIZKA YOLA ANNISA NST.pdf5.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.