Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6124
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSakinah, Rizki-
dc.date.accessioned2020-10-24T07:41:46Z-
dc.date.available2020-10-24T07:41:46Z-
dc.date.issued2019-10-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6124-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan melalui pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Mengetahui peningkatan kemampuan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran pendekatan realistik menggunakan LKPD yang dikemmbangkan.. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan . Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat pembelajaran yang mengacu pada model pengembangan 4-D (four-D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan,Semmel dan Semmel. Model ini meliputi empat tahapan yaitu Define(penefenisian), Design(Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dessiminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian ini dilakukan hingga tahap develop(pengembangan). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-B SMP Muhammadiyah 57 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas LKPD yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektivan dengan : (a) ketuntasan secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu sebesar 87,5% pada ujicoba (b) Ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada ujicoba 2. (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran pada ujicoba 1 sebesar 2,6 dan pada ujicoba 2 sebesar 3,25. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada ujicoba 1 hanya 56,25% meningkat sebesar 31,25% menjadi 87,5% pada ujicoba 2. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari ujicoba 1 sebesar 68,96 menjadi 80,5 pada ujicoba 2. (3) Respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan melalui pendekatan realistik adalah positif. Maka dapat disimpulkan hasil penelitian adalah ditemukan bahwa LKPD yang efektif berbasis pendekatan realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.en_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectPendekatan Realistiken_US
dc.subjectPemecahan Masalahen_US
dc.titlePengembangan bahan ajar berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis pada siswa di SMPen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RIZKI SAKINAH.pdf5.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.