Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6121
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa
Authors: Silalahi, Rina Oktaria
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM);Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Issue Date: 10-Oct-2019
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pokok bahasan persamaan dan fungsi kuadrat dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian dilakukan di SMP TAMAN SISWA MEDAN, Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan posttest only control design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), di antaranya kemampuan Memberikan penjelasan sederhana sebesar 72,06%, Membangun keterampilan dasar sebesar 71,32%, dan Menyimpulkan sebesar 45,22%. Sedangkan untuk kelas kontrol kemampuan Memberikan penjelasan sederhana sebesar 69,44%, Membangun keterampilan dasar sebesar 68,06%, dan Menyimpulkan sebesar 32,99%. Dengan demikian pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan dan fungsi kuadrat dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan merumuskan/mengkomunikasikan pernyataaan ke dalam model matematika, memberikan alasan dengan memilih strategi dan prosedur penyelesaian yang tepat, serta menyimpulkan dari hasil penyelidikan dan analisis masalah. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematissiswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6121
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RINA OKTARIA Br. SILALAHI.pdf3.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.