Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6053
Title: Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Bina Satria Mulia Medan T.P. 2019/2020
Authors: Kesuma, Putri Nila
Keywords: Motivasi Belajar Matematika;Model Pembelajaran Kooperatif tipe Take And Give
Issue Date: 28-Sep-2019
Abstract: Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Take And Give dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII-2 SMP Bina Satria Mulia Medan Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) baagaimana peningkatan motivasi belajar matematika melalui penggunaan model pembelajarn kooperatif tipe Take And Give pada siswa kelas VII-2 SMP Bina Satria Mulia Medan Tahun Pelajaran 2019/2020?. Dan sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Take And Give dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII-2 SMP Bina Satria Mulia Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar matematika melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Take And Give pada siswa kelas VII-2 SMP Bina Satria Mulia Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Sabjek dalam penelitian ini siswa kelas VII-2 SMP Bina Satria Mulia Medan yang berjumlah 23 orang, denan jumlah siswa 11 orang dan jumlah siswi 12 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini Observasi dan Tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat dilihat peningkatan motivasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Himpunan dengan data hasil tes pada tahap awal 34,78% dan pada siklus I meningkat menjadi 47, 82% dan pada siklus II menjadi 65,21% dan pada siklus III menjadi 86,95% . Atau dapat ditinjau dari tingkat ketuntasan motivasi yang berupa hasil tes tahap awal diperoleh 15 peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus I menjadi 12 peserta didik, dan pada siklus II menjadi 8 peserta didik, dan pada siklus III menjadi 3 peserta didik. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Take And Give dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII-2 SMP bina Satria Mulia Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6053
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PUTRI NILA KESUMA.pdf2.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.