Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6031
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Nurmaya-
dc.date.accessioned2020-10-24T03:36:26Z-
dc.date.available2020-10-24T03:36:26Z-
dc.date.issued2019-10-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6031-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan mengenai kemampuan berfikir kritis siswa yang kurang dalam menyelesaikan soal matematika pada kelas VII SMP MUHAMMMADIYAH 07 Medan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) Apakah berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) lebih baik dari pada berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) untuk mengetahui apakah berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) lebih baik dari pada berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) pada kelas eksperimen dan menggunakan metode Konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan semester ganjil T.P 2019/2020 yang berjumlah 64 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen 32 siswa di kelas VII-1 sedangkan untuk di kelas kontrol 32 siswa di kelas VII-2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Sumber data pada penelitian ini adalah siswa dan juga guru bidang study matematika kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan. Dimana data-data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi dan juga hasil tes yang diberikan peneliti kepada sample. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan perhitungan pada setiap nilai penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka, ditemukan dari hasil perhitungan di atas diperoleh = 4,237 dan = 1,999 dengan taraf signifikan = 0,05 dan dk = 62 maka dapat ditentukan bahwa (4,237) > (1,999). Karena > . Berdasarkan kriteria yang digunakan maka H0 di tolak dan Ha diterim. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) ada pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Muhammadiyah 07 Medan T.P 2019/2020.en_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction)en_US
dc.subjectBerpikir Kritis Siswaen_US
dc.titlePengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Muhammadiyah 07 Medan tahun pelajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURMAYA SARI.pdf664.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.