Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6023
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAritonang, Nur Hasanah-
dc.date.accessioned2020-10-24T03:23:43Z-
dc.date.available2020-10-24T03:23:43Z-
dc.date.issued2019-10-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6023-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah: “untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Operasi Aljabar melalui model pembelajaran problem based learning di kelas VIII-A SMP Swasta PAB 18 Medan”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Swasta PAB 18 Medan yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Dari hasil tes siklus I ketuntasan klasikal sebesar 71,42% meningkat menjadi 90,47% pada siklus II. Pada Siklus I aspek pemecahan masalah tertinggi diperoleh pada aspek memahami masalah dengan persentase 84,12% berkategori tinggi sedangkan aspek pemecahan masalah terendah diperoleh pada aspek memeriksa kembali dengan persentase 64,28% berkategori rendah. Pada siklus II aspek pemecahan masalah tertinggi diperoleh pada aspek memahami masalah dengan persentase 88,89% berkategori tinggi, sedangkan aspek pemecahan masalah terendah diperoleh pada aspek memeriksa kembali dengan persentase 73,02% berkategori sedang. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran untuk siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II aktivitas siswa selama proses pembelajaran meningkat pada kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Operasi Aljabar di kelas VIII-A SMP Swasta PAB 18 Medan Tahun ajaran 2019/2020 sehingga pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu altenatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.en_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.titleUpaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajaran problem based learning di SMP Swasta PAB 18 Medan tahun pelajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NUR HASANAH ARITONANG.pdf4.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.