Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5985
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiregar, Nurul Sakinah-
dc.date.accessioned2020-10-24T02:21:25Z-
dc.date.available2020-10-24T02:21:25Z-
dc.date.issued2019-10-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5985-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah 251 Siswa yang terdiri dari tujuh kelas dan penelitian ini hanya menggunakan dua kelas sebagai sampel yang terdiri dari 75 siswa dengan perlakuan yang berbeda yaitu kelas VIII 5 dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) yang terdiri dari 37 Siswa dan kelas VIII 3 tanpa model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) yang terdiri dari 38 Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes penugasan berupa tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan dengan menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) adalah baik atau 74,49 dan kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) adalah cukup atau 65,55. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai pada taraf sigifikan α = 0,05 adalah ttabel = 2,64. Jadi, thitung > ttabel yaitu 18,49 > 2,64 maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan HO ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran VAK (Visual Audioty, Kinestetik) dalam kemampuan menulis teks eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.en_US
dc.subjectVisualen_US
dc.subjectAudiotyen_US
dc.subjectKinestetik (VAK)en_US
dc.subjectMenulis Teks Eksplanasien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURUL SAKINAH SIREGAR.pdf767.86 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.