Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5895
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAgustina, Desi-
dc.date.accessioned2020-10-23T08:04:20Z-
dc.date.available2020-10-23T08:04:20Z-
dc.date.issued2019-09-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5895-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai tahun pembelajaran 2019-2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai berjumlah 285 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes esai tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dan data anilisis diketahui bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) memperoleh nilai rata-rata 58,52 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) memperoleh nilai rata-rata 81,75 termasuk dalam kategori baik sekali. Berdasarkan perhitungan dari nilai thitung> ttabel yaitu 16,92 > 1,68 maka hipotesis penelitian diterima dan terbukti kebenarannya. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2019-2020.en_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectTrans Sectoren_US
dc.subjectPengamatan lokasien_US
dc.subjectKemampuan Menulis Teksen_US
dc.subjectMenulis Teks Laporanen_US
dc.subjectHasil Observasien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Trans Sector (Pengamatan Lokasi) terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2019-2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S K R I P S I Desi Agustina.pdf6.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.