Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5805
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorApniar-
dc.date.accessioned2020-10-23T04:39:56Z-
dc.date.available2020-10-23T04:39:56Z-
dc.date.issued2019-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5805-
dc.description.abstractMetodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) Jenis penelitian adalah penelitian lapangan kualitatif; 2) Sumber data nya ialah data sekunder dan data primer yang penelitian ini adalah siswa dan guru Al-Quran SMP Muhammadiyah 0 4 Medan. 3) Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara; 4) teknik analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya 1) Implementasi metode takrar yang dilaksanakan pada pembelajaran Al-Quran masih hanya sekedar melakukan saja, tanpa adanya menindaklanjuti dikedepan harinya. Akan tetapi jika dikaji dalam konteks hubungan kondisi siswa dengan pola kelompok, maka implementasi metode takrar dengan dengan bantuan media audio visual pada mata pelajaran Al-Quran di SMP Muhammadiyah 0 4 Medan masih kurang berpengaruh kali bagi pengetahuan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan kontadiksi hasil evaluasi, khususnya kelompok siswa dengan kemampuan rendah, antara evaluasi, pada tiap pertemuan dengan evaluasi pada pertemuan di akhir. 2) Dengan melihat dan memakai bantuan media audio visual, metode takrar ini pada mata pelajaran Al-Quran cukup efektif dan mudah dipahami siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 04 Medan, melihat juga hasil akhir dari evaluasi pembelajaran, Hal ini dikarenakan dengan dua faktor yakni: Pertama, faktor yang berhubugan siswa mampu melaksanakan praktek pengulangan hafalan Al-Quran dengan baik dan benar. Kedua adanya contoh video praktek membaca serta mengulang hafalan Al-Quran yang ditampilkan penulis dengan menggunakan bantuan media audio visual memakai proyektor. Pada satu sisi pembelajaran ini banyak memakan waktu yang dipakai, tetapi ini sudah cukup efektif untuk dilakukan. Namun pada mata pelajaran Al-Quran tentang murojaa’h ini penulis menemukan cara mengajar yang efektif dan mudah dipahami siswa menggunakan metode takrar dengan bantuan media audio visual. Melihat hasil tersebut, maka perlu adanya pengembangan dalam implementasi metode takrar dengan bantuan media audio visual pada mata pelajaran Al-Quran di SMP Muhammadiyah 04 Medan.en_US
dc.subjectMetode Takraren_US
dc.subjectMedia Audio Visualen_US
dc.subjectMata Pelajaran Al-Quranen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE TAKRAR BERBANTU AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH O4 MEDAN 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI APNIAR.pdf698.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.