Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5790
Title: PENGARUH PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADITS DI MTS INSAN CITA MEDAN
Authors: Depi, Sentia
Keywords: Metode Index Card Match;Hasil Belajar;AlQuran Hadis
Issue Date: Mar-2019
Abstract: RumusanMasalah dalampenelitian ini adalah masih rendah hasil belajar pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTsInsan Cita Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis di MTsInsan Cita Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah siswakelas VII-1 dan kelas VII-2 MTsInsan Cita Medan. Kelas VII-1 sebagai kelas eksperimendengan menggunakan metode Index Card Match dan siswa kelasVII-2 sebagai kelas kontroldengan menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 10 soal essay. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode Index Card Matchhasil belajara siswa kelas VII di MTs Insan CitaMedan sangat terpengaruh, ini dibuktikandari hasil koefisien korelasi Product Momentperson dengan tabel nilai “r” Product Moment pada taraf signifikan 5% dan1% diperoleh rxy = 0,913 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikan 5% dan 1% (0,396 dan 0,505) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,913≥ 0,396 dan 0,505). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara Metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsInsan Cita Medan. Diperoleh hasil rxy= 0,913 lalu dihitung menggunakan rumus uji “t” maka diperoleh hasil thitung= 4,37. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel. Diperoleh hasil nilai ttabel= 2,07 dan 2,81. Selanjutnya Haditerima jika thitunglebih besar dari pada ttabeldan H0diterima jika thitunglebih kecil dari pada ttabelbegitu pula sebaliknya, karena thitunglebih besar daripada ttabelyaitu 4,37 ≥ 2,07 dan 2,81 maka kesimpulanya bahwa Haditerima dan H0ditolak, ini berarti “terdapat hubungan yang signifikan” antara metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTs Insan Cita Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5790
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Sintia.pdf6.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.