Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5686
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIsmaya, Rama-
dc.date.accessioned2020-10-23T02:56:18Z-
dc.date.available2020-10-23T02:56:18Z-
dc.date.issued2019-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5686-
dc.description.abstractMasalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VII-2 di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Penerapan model pembelajaran complete sentence bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan islam di kelas VII-2 MTs Muhammadiyah 15 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dimana teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis data adalah analisis kuantitatif dengan uji hipotesis. Maka dalam penerapan model pembelajaran complete sentence melalui instrumen soal yang diperoleh hasil yang sangat baik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang menjawab sangat baik, yang berarti model ini telah berhasi; diterapkan. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII-2 yang berjumlah 25 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran complete sentence berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil product moment pearson dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,724 lebih besar dari rtabelbaik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,396 dan 0,505) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,724 ≥ 0,396 dan 0,505). Maka dapat didimulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara model pembelajaran complete sentence terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Muhammadiyah 15 Medan.en_US
dc.subjectComplete Sentenceen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectSejarah Kebudayaan Islamen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAMDI MTS MUHAMMADIYAH 15 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_MAYA.pdf5.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.