Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5650
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Malik, Wara Sari | - |
dc.date.accessioned | 2020-10-23T02:16:18Z | - |
dc.date.available | 2020-10-23T02:16:18Z | - |
dc.date.issued | 2019-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5650 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode self directed learning terhadap hasil belajar. Latar belakang dari penelitian ini diantaranya adalah masih rendahnya hasil belajar ski. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperiment,Teknik analisis data dengan menggunakan metode statistik deskriptif t-tes. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII dengan sampel 64siswa yang diambil dengan cara dirandom. Populasi untuk selanjutnya dipilih 2 kelas untuk menentukan mana kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VII-1 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperiment dengan menggunakan metode self-Ditected Learning sedangkan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol sebanyak 32orang dengan menggunakan metode ceramah.Maka dalam penggunaan metode self direceted learning melalui instrumen tes essay diperoleh hasil yang sangat baik,hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang menjawab sangat baik yang berarti metodeini telah berhasil diterapkan. Adapun hasil yang diperoleh dari koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy= 0,913lebih besar dari rtabelbaik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,396 dan 0,505) dengan formulasi perbandingan yaitu yaitu diperoleh rxy= 0,449 lebih besar dari rtabelbaik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,349 dan 0,449) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,913 ≥ 0,449 dan 0,349). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara model pembelajaran Self-Directed Lesarning terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di Mts Swasta Lubuk Pakam.Diperoleh hasil rxy= 0,913 lalu dihitung menggunakan rumus uji “t” maka diperoleh hasil thitung= 4,37. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel. Diperoleh hasil nilai ttabel= 2,04 dan 2,75. Selanjutnya Haditerima jika thitunglebih besar dari pada ttabeldan H0diterima jika thitunglebih kecil dari pada ttabelbegitu pula sebaliknya, karena thitunglebih besar daripada ttabelyaitu 4,37 ≥ 2,04 dan 2,75 maka dapat disimpulkan bahwa Haditerimadan H0ditolak, ini berarti bahwa “terdapat hubungan yang signifikan” antara model pembelajaran self-diercted learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MTS Swasta UMMI Lubuk Pakam | en_US |
dc.subject | Self Directed Learning | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | SKI | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTS SWASTA UMMI LUBUK PAKAM | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_WARA SARI MALIK.pdf | 27.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.