Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5602
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorZulni, Musdalifah-
dc.date.accessioned2020-10-22T07:48:16Z-
dc.date.available2020-10-22T07:48:16Z-
dc.date.issued2019-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5602-
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan di terapkan strategi inquiry menggunakan media film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan subjek adalah siswa kelas VIII Yang berjumlah 36 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan test. test yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 10 butir soal, Soal yang diberikan 3 kali yaitu test awal, siklus I, dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada saat dilakukan test awal mencapai 62,5 dengan perincian dari 36 orang siswa diperoleh 6 orang siswa (16,66%) yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 30 orang siswa mendapat nilai belum tuntas. Pada siklus I naik menjadi 16 orang siswa (44,45%) yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 20 orang siswa (55,57%) mendapat nilai belum tuntas. Siklus II dari 36 orang siswa diperoleh 33 orang siswa (91,66%) mendapat nilai tuntas, sedangkan 3 orang siswa (8,33%) mendapat nilai belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi inquiry menggunakan media film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.en_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectStrategi Inquiryen_US
dc.subjectMedia film dokumenteren_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN T.P 2019-2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUSDALIFAH ZULNI.pdf1.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.