Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5598
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Mufida Ulva-
dc.date.accessioned2020-10-22T07:43:29Z-
dc.date.available2020-10-22T07:43:29Z-
dc.date.issued2019-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5598-
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi di SMP Muhammadiyah 48 Medan kualitas hasil belajar PKn kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa masih di bawah KKM, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn, melalui model pembelajaran koopreratif tipe group investigation. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitias hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan evaluasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dari 21,87% pada siklus I meningkatkan menjadi 65,63% kemudian pada siklus II peningkatan yang sangat memuaskan menjadi 87,50%.en_US
dc.subjectPenggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigationen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SMP MUHAMMADIYAH 48 MEDAN T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUFIDA.pdf1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.