Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5595
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNainggolan, Ananda Pertiwi-
dc.date.accessioned2020-10-22T07:39:46Z-
dc.date.available2020-10-22T07:39:46Z-
dc.date.issued2019-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5595-
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul penerapan metode pembelajaran inquiry training untuk meningkatkan civic skills siswa di SMK Muhamamdiyah 09 Medan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan civic skills siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 09 Medan dan Untuk mengetahui penerapan metode inquiry training dapat meningkatkan civic skills siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru mata pelajaran PKn disekolah dan objek penelitian yaitu siswa kelas XI TBSM-2 yang berjumlah 25 siswa yang mayoritas laki-laki.Jenis penelitian yang dilakukan yaitu PTK (Penelitian tindakan kelas) atau penelitian kualitatif dan peneliti menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.sebelum peneliti mengangkat judul ini , peneliti terlebih dahulu sudah wawancara kepada guru-guru disekolah dan guru bidang studi PKn maka dari itu alasan peneliti mengambil objek penelitian di kelas XI-TBSM 2 karena peneliti mengobservasi juga bahwa dikelas tersebut salah satu kelas yang sangat aktif dan sangat terkenal dimata guru-guru disekolah tersebut apalagi pada saat proses pembelajaran berlangsung. terutama pada mata pelajaran pancasila dan Kewarganegaraan. peneliti mengumpulkan data untuk mengetahui keaktifan dan skills dari siswa dengan cara menggunakan lembar observasi siswa sesuai dengan siklus I dan siklus II.dan hasil pada lembar observasi siswa siklus I keaktifan dan skills siswa masih kurang dengan nilai 71,87% dan lembar observasi pada siklus II 82,81% siswa meningkat. Jadi hasil dari penelitian ini yaitu keaktifan dan skills dari seluruh siswa kelas XI TBSM-2 di SMK Muhammadiyah 09 Medan sangkat meningkat dengan nilai 82,81% dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry trainingen_US
dc.subjectpenerapanen_US
dc.subjectmetodeen_US
dc.subjectinquiry trainingen_US
dc.subjectcivic skillsen_US
dc.subjectsiswaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILLS SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 09 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ANANDA.pdf2.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.