Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5530
Title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Authors: Sari, Cici Novian
Keywords: Perangkat Pembelajaran;Model Improve;Pola Bilangan
Issue Date: Sep-2020
Abstract: Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model Improve untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan di SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model Improve untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan di SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research & Development) menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D (Define (Pendefinisian), Design (perancangan), Develop (Pengembangan). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi (RPP, Bahan Ajar, dan Tes Hasil Belajar). Berdasarkan hasil validasi ahli perangkat pembelajaran skor rata - rata RPP 4,2 dan skor penilaian 91,1 dengan kategori sangat valid. Skor rata - rata Bahan Ajar 4,2 dan skor penilaian 83,76 dengan kategori sangat valid. Skor rata - rata Modul 3,9 dan skor penilaian 78 dengan kategori valid. Skor rata-rata Tes Hasil Belajar (THB) yaitu 4,5 dan skor penilaian 91 dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model Improve disimpulkan pada : (a) ketuntasan belajar sebesar 81,81% dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria “Tuntas”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5530
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CICI NOVIAN SARI.pdf7.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.