Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5386
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWULANDARI, ARISTIA-
dc.date.accessioned2020-10-05T04:56:27Z-
dc.date.available2020-10-05T04:56:27Z-
dc.date.issued2020-03-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5386-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan kombinatorik siswa yang diajarkan dengan PBM dan ekspositori, (2) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan PBM dan ekspositori., (3) Mendeskripsikan adanya proses penyelesaian soal-soal yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan kemampuan berpikir kombinatorik matematik siswa yang diajar melalui pendekatan PBM dan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model PBM dan pembelajaran dengan menggunakan model Ekspositori. Oleh karena itu, dalam memberikan perlakuan tidak memungkinkan untuk mengontrol dan mengendalikan semua variabel yang relevan, kecuali beberapa dari variabel tersebut diatas, maka penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK JAYA KRAMA Pakam. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling purposif (purposive sampling). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII-1 dan kelas XII-2. Kelas eksperimen sejumlah 30 siswa dan kelas kontrol sejumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan kombinatorik matematik, angket dan tes prestasi. Prasyarat uji analisis dilakukan uji normalitas dengan uji KolmogorovSmirnov dan uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic dengan statistik Uji Paired Samples Correlations, dan uji Paired Samples T Test. Teknik analisis data menggunakan anova dua jalur dengan tingkat signifikan sebesar 5 %.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Masalahen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Ekspositoren_US
dc.subjectKemampuan Kombinatorik Matematiken_US
dc.subjectDisposisi Matematis Siswaen_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN KOMBINATORIK DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA SISWA YANG DI BERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN EKSPOSITORI DISMK JAYA KRAMA LUBUK PAKAMen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS ARISTIA WULANDARI.pdf10.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.