Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5386
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | WULANDARI, ARISTIA | - |
dc.date.accessioned | 2020-10-05T04:56:27Z | - |
dc.date.available | 2020-10-05T04:56:27Z | - |
dc.date.issued | 2020-03-11 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5386 | - |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan kombinatorik siswa yang diajarkan dengan PBM dan ekspositori, (2) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan PBM dan ekspositori., (3) Mendeskripsikan adanya proses penyelesaian soal-soal yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan kemampuan berpikir kombinatorik matematik siswa yang diajar melalui pendekatan PBM dan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model PBM dan pembelajaran dengan menggunakan model Ekspositori. Oleh karena itu, dalam memberikan perlakuan tidak memungkinkan untuk mengontrol dan mengendalikan semua variabel yang relevan, kecuali beberapa dari variabel tersebut diatas, maka penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK JAYA KRAMA Pakam. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling purposif (purposive sampling). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII-1 dan kelas XII-2. Kelas eksperimen sejumlah 30 siswa dan kelas kontrol sejumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan kombinatorik matematik, angket dan tes prestasi. Prasyarat uji analisis dilakukan uji normalitas dengan uji KolmogorovSmirnov dan uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic dengan statistik Uji Paired Samples Correlations, dan uji Paired Samples T Test. Teknik analisis data menggunakan anova dua jalur dengan tingkat signifikan sebesar 5 %. | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Berbasis Masalah | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Ekspositor | en_US |
dc.subject | Kemampuan Kombinatorik Matematik | en_US |
dc.subject | Disposisi Matematis Siswa | en_US |
dc.title | PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMBINATORIK DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA SISWA YANG DI BERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN EKSPOSITORI DISMK JAYA KRAMA LUBUK PAKAM | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Masters in Mathematics Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
TESIS ARISTIA WULANDARI.pdf | 10.01 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.