Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5384
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWarsih Khairani, Retno-
dc.date.accessioned2020-10-05T04:51:31Z-
dc.date.available2020-10-05T04:51:31Z-
dc.date.issued2020-03-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5384-
dc.description.abstractTujuan pada penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan spasial siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan kemampuan spasial siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, (2) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan disposisi matematis siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, (3) Mendeskripsikan tidak adanya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan spasial siswa, (4) Mendeskripsikan tidak adanya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan Pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas kontrol yang diberi perlakuan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 3 Saentis Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil siswa kelas VIII-1 dan siswa kelas VIII-5 dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling (teknik pengambilan acak). Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan spasial dan angket skala disposisi matematis. Prasyarat uji analsis data dilakukan uji normalitas dengan uji KolmogorovSmirnov, uji homogenitas menggunakan uji Levene’s dengan statistik uji Paired Samples Correlations, dan uji Paired Samples T Test. Teknik analisis data yang digunakan ANOVA dua jalur dengan tingkat signifikan sebesar 5%.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Masalahen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe STADen_US
dc.subjectKemampuan Spasialen_US
dc.subjectDisposisi Matematisen_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP PAB 3 SAENTISen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PDF Tesis RETNO WARSIH KHAIRANI.pdf6.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.