Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/536
Title: Efisiensi Pemasaran Nanas (Ananas Comosus L.Merr)
Other Titles: Studi Kasus :Desa Pasar Tiga Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu
Authors: Syahril, Ahmad
Keywords: Efisiensi;pemasaran;pedagang pengecer;konsumen
Issue Date: 4-Apr-2018
Abstract: Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Saluran pemasaran nanas di daerah penelitian. (2) untuk Mengetahui tingkat farmer Share pemasaran buah nanas di daerah penelitian. (3) Untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran buah nanas di daerah penelitian. Penelitian ini di lakukan di Desa Pasar Tiga Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu. Kesimpulan dari penelitian ini.1) Saluran pemasaran didaerah penelitian terdiri dari tiga saluran pemasaran, saluran pemasaran yang pertama yaitu dari petani langsung ke konsumen akhir, saluran pemasaran yang ke dua dari petani ke pedagang pengecer, dan pedagang pengecer ke konsumen akhir. Saluran pemasaran tiga dari petani ke pedagang pengumpul lalu dari pedagang pengumpul ke pedagang pengecer lalu dari pedagang pengecer ke konsumen akhir. 2). Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenagakerja, packing, dan biaya penyusutan untuk pedagang pengumpul. 3) Share margin yang di peroleh pada saluran I sebesar 100% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 20/buah. Share margin yang di peroleh pada saluran II sebesar 25% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 351/buah. Share margin yang di peroleh pada saluran III sebesar 40,64% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 514,883 /buah. 4) Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 0,25% < 33%,Efisiensi pemasaran pada saluran II sebesar 8,24% < 33%, Efisiensi pemasaran pada saluran III sebesar 9,90% < 33%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/536
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AHMAD SYAHRIL.pdfFulltext1.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.