Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5344
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTanjung, Sahdila-
dc.date.accessioned2020-09-19T08:19:54Z-
dc.date.available2020-09-19T08:19:54Z-
dc.date.issued2020-08-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5344-
dc.description.abstractModel pembelajaran osborn adalah suatu prosedur yang menekankan pada proses generic yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf. Dengan makin bertambahnya umur seseorang, maka makin komplekslah susunan sel syarafnya dan makin meningkat pula kemampuannya.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Model pembelajaran Osborn efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui Bagaimanakah belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Osborn pada siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021.Untuk mengetahui apakah ada efektifitas Model pembelajaran Osborn dalam belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan analisis data dipeoleh rata-rata kelas kontrol pada pre-rest yaitu hasil belajar siswa sebesar 46,5 dengan simpangan baku sebesar 9,4 dan rata-rata hasil belajar matematika pada post tes- yaitu 68 dengan simpangan baku 9,3. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen pada pre-test yaitu sebesar 47 dengan simpangan baku 7,6. Pada uji normalitas dengan n =30 pada taraf signifikan = 0,05 , maka data pre-test kelas kontrol diperoleh Lo (0,154) < Ltabel (0,161). Data posttest kelas kontrol dan kelas diperoleh Lo = (0,099) < Ltabel(0,161) dan data post-test kelas eksperimen diperoleh Lo(0,134) < Ltabel (0,161). Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa data pre-test dan post-test pada keduanya berdistribusi normal. Dapat disimpulakan bahwa efektif penggunaan Model Pembelajaran Osborn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectPemecahan Masalah Matematikaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Osbornen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Tahun Pelajaran 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.