Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5291
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLestari-
dc.date.accessioned2020-09-17T02:24:12Z-
dc.date.available2020-09-17T02:24:12Z-
dc.date.issued2020-09-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5291-
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok bidang pribadi sosial untuk penigkatan kecerdasan emosional siswa kelas X di SMK Swasta YWKA Medan tahun ajaran 2019-2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dalam peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas X di SMK Swasta YWKA Medan tahun ajaran 2019- 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Objek yang diambil dalam penelitian ini yaitu 8 orang siswa yang memiliki ciri-ciri kecerdasan emosional rendah. Sample yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan dilakukannya bibingan kelompok untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas X di SMK Swasta YWKA Mdan tahun ajaran 2019-2020, ternyata telah berhasil dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa , hal ini dapat dilihat dari beberapa pertanyaan peneliti kepada siswa bagaimana cara siswa menghadapi temannya yang sedang mengusiknya, ternyata siswa tersebut mampu mengola emosinya dengan baik. Dengan adanya layanan bimbingan kelompok yang dilakukan di SMK Swasta YWKA Medan dalam penigkatan kecerdasan emosional siswa secara signifikan dimana dapat di lihat dari perbandingan antara pertemuan pertama dan kedua pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terlihat sekali peningkatan pemahaman siswa tentang kecerdasan emosi. Peningkatan itu sesuai dengan pengetahuan siswa dalam menjawab dan menanggapi permasalahan tentang kecerdasan emosional. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya kecerdasan emosional siswa kelas X di SMK Swasta YWKA Medan tahun ajaran 2019/2020en_US
dc.subjectLayanan Bimbingan Kelompoken_US
dc.subjectBimbingan Pribadi Sosialen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.titlePelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMK Swasta YWKA Medan Tahun Ajaran 2019-2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.