Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5266
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMawaddah, Aulia-
dc.date.accessioned2020-09-15T04:17:32Z-
dc.date.available2020-09-15T04:17:32Z-
dc.date.issued2020-08-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5266-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model Means Ends Analysis efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa MTs.Muhammadiyah 13 Tg.Morawa T.P 2020/2021? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap berpikir kritis matematis pada siswa MTs.Muhammadiyah 13 Tg.Morawa T.P 2020/2021? Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah dengan memberikan pretest dan posttest Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs.Muhammadiyah 13 semester ganjil T.P2020/2021 yang berjumlah 30 siswa sedangkan yang menjadi sample untuk kelas kontrol dikelas VIII-2 berjumlah 15 siswa menggunakan model pembelajaran langsung dan untuk kelas eksperimen dikelas VIII-4 berjumlah 15 menggunakan model pembelajaran Means End Analaysis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes instrumen berupa pretest dan posttest dan lembar observasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 27,6 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 29,23,sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 38 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,76. Hasil uji hipotesis postest menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,140 dan ttabel = 2,048. Maka Maka dapat ditentukan bahwa thitung = 3,140 > ttabel = 2,048 berdasarkan kriteria yang digunakan bahwa thitung >ttabel mka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model Means Ends Analysis dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model pembelajaran langsung. Dari hasil uji gain diperoleh indeks gain kelas eksperimen lebih besar dari nilai indek gain kelas kontrol yaitu 0,47 > 0,74 atau peningkatannya 47%> 74%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Means Ends Analysis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa MTs.Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa T.P 2020/2021en_US
dc.subjectMeans Ends Analysisen_US
dc.subjectKemampuan Berpik Kritis Matematisen_US
dc.title“The Effectiveness Of The Means Ends Analysis Mathematical Cricital Thinking Skill Of Students Of Mts.Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa A.Y 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AULIA MAWADDAH 1602030053.pdf5.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.