Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5251
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHandayani, Riska-
dc.date.accessioned2020-09-14T02:59:03Z-
dc.date.available2020-09-14T02:59:03Z-
dc.date.issued2020-08-15-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5251-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Pair Check efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Agung T.P 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Pair Check efektif terhadap hasil belajar matematika kelas VIII di SMP Budi Agung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Budi Agung T.P 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII (4) sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check dan siswa kelas VIII (2) sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Pengembilan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VIII(2) sebanyak 25 siswa dan VIII(4) sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay yang sudah divalidkan sebanyak 5 soal yang digunakan untuk soal pre-test dan soal post-test. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pada pre-test dikelas control yaitu 37,4 dan nilai rata-rata pre-test di kelas eksperimen yaitu 41,4. Sedangkan nilai rata-rata pada post-test dikelas kontrol yaitu 59,8 dan nilai rata-rata post-test dikelas eksperimen yaitu 84,8. Pada uji normalitas dengan n = 25 pada taraf signifikan = 0,05 maka uji normalitas menunjukkan data pre-tes pada kelas kontrol dan diperoleh yaitu . Dan pada kelas eksperimen diperoleh yaitu . Dan data post-test pada kelas kontrol diperoleh yaitu . Dan sedangkan untuk data post-test dikelas eksperimen diperoleh yaitu Dan dapat disimpulkan bahwa dengan data pre-test dna post-test yang di dapat maka kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Karena yaitu . karena maka Ho ditolak dan Ha diterima. Itu berarti bahwa tingkat dari hasil belajar matematika yang diajarkan di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipr Pair Check lebih efektif daripada pembelajaran di kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Dan dari hasil uji gain maka nilai gain pada kelas eksperimen mencapai 0,73 yang dikategorikan tinggi dan nilai gain pada kelas kontrol mencapai 0,34 yang dikategorikan sedang dengan demikian maka hasil pengujian yang dilakukan dapay disimpulkan yaitu penggunaan model pembelajaran Pair Check pada kelas eksperimen lebih ekfektif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Budi Agung T.P 2020/2021en_US
dc.subjectEfektifitasen_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Pair Checken_US
dc.titleEfektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Budi Agung T.A 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RISKA + LAMPIRAN UNTUK CD.pdf4.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.