Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5246
Title: Efektivitas Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Budi Agung Tp. 2020/2021
Authors: Nasution, Sofia Arainti
Keywords: Efektivitas;Hasil Belajar Matematika;Model Pembelajaran Inside Outside Circle
Issue Date: 15-Sep-2020
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Inside Outide Circle efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Agung Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Inside-Outide Circle efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Agung TP.2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Budi Agung TP 2020/2021. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII 3 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII 4 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Inside Outide Circle. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay yang sudah divalidkan sebanyak 5 soal yang digunakan untuk soal pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 43,8. Dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 44,2. Sedangkan nilai rata-rata Post-test kelas kontrol adalah 56. Dan nilai rata-rata Post-test kelas eksperimen adalah 80,8. ketuntasan hasil belajar matematika yang mendapat nilai kategori Tuntas pada kelas eksperimen berjumlah 23 dan yang tidak tuntas bejumlah 2 orang. Sedangkan nilai matematika siswa yang mendapat nilai kategori Tuntas pada kelas kontrol berjumlah 2 orang dan yang tidak tuntas bejumlah 23 orang. Pada pengujian hipotesis nilai post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh sehingga HO ditolak. Pada uji N Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan uji N Gain pada kelas kontrol. Nilai Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,6 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mencapai 0,2 dengan kategori rendah. Nilai Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,6 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mencapai 0,2 dengan kategori rendah. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inside-outside circle lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inside-outside circle efektif dalam menigkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Budi Agung TP. 2020/2021
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5246
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SOFIA.pdf6.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.