Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5245
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSulistiani-
dc.date.accessioned2020-09-14T02:36:40Z-
dc.date.available2020-09-14T02:36:40Z-
dc.date.issued2020-08-13-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5245-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan ELPSA setting kooperatif efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Al Manar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan ELPSA setting kooperatif dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Al Manar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 50 siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dokumentasi dan angket. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 25 siswa dan VII.B yang berjumlah 25 siswa. tes yang digunakan tes tertulis berbentuk uraian berjumlah 5 soal. Berdasarkan analisis data untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata 88,20. Sedangkan untuk data tes kelas kontrol diperoleh ratarata 63,60. Simpangan baku untuk kelas eksperimen diperoleh 9,39 sedangkan simpangan baku untuk kelas kontrol diperoleh 7,97. dari hasil penelitian di peroleh thitung > ttabel yaitu 8,78 > 2,011 Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ELPSA setting kooperatif efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah menengah pertama.en_US
dc.subjectELPSA Setting Kooperatifen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titleEfektivitas Penerapan Elpsa (Experience, Language, Picture, Symbol, Aplication) Setting Kooperatif Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertamaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SULISTIANI.pdf3.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.