Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5241
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAfrina, Tria Ulfa-
dc.date.accessioned2020-09-14T02:25:08Z-
dc.date.available2020-09-14T02:25:08Z-
dc.date.issued2020-08-15-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5241-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran Realistic Matematics Education efekif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Budi Agung Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif model Realistic Matematics Education terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Budi Agung Tahun Pelajaran 2020/2021 yang khusunya pada materi Bilangan, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan metode pre-test dan post-test dengan mengambil sampel yang dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok eksperimen pada kelas VII 1 yang berjumlah 25 siswa dan kelompok kontrol pada kelas VII 3 yang berjumlah 25 siswa. kelompok eksperimen diberikan perilaku dengan menggunakan model Realistic Matematics Education pada setiap pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol hanya diberikan pembelajaran dengan metode ceramah. Kedua kelompok akan diberikan tes yang berupa soal. Dari hasil uji kesamaan dari data hasil pre-test dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 39,2 dan kelas kontrol 37,6. Sedangkan dari hasil post-test dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,2 dan kelas kontrol 61,4. Berdasarkan hasil yang diperoleh terlihat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil tes ketuntasan belajar matematika bahwa siswa yang mendapatkan nilai tinggi pada kelas eksperimen yang mendapat ketuntasan berjumlah 23 siswa dan yang tidak tuntas 2 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII-1 SMP Budi Agung Medan pada materi Bilangan Bulat dikategorikan Tuntas.Pada hasil uji normalitas menunjukkan data pre-test kelas kontrol diperoleh nilai Lo(0,153)< Ltabel(0,172) dan post-test diperoleh Lo(0,171)<Ltabel(0,172) dan data pre-test kelas eksperimen Lo(0,164) < Ltabel(0,172) dan post-test Lo(0,110) < Ltabel(0,172). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test pada kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka hasil nilai pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Fhitung(1,03)<Ftabel(1,98) dan hasil uji homogenitas post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Fhitung(1,20)<Ftabel(1,98). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pre-test dan post-test terhadap hasil belajar matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen homogen menggunakan model Realistic matematics Education lebih efektif dibandingan kegiatan pembelajaran menggunakan model Ekspositori pada siswa SMP Budi Agung Medan T.P 2020/2021en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.subjectModel Realistic Matematics Educationen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Realistic Matematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Budi Agung Medan T.P 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi Tria Ulfa Afrina.pdf6.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.