Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5238
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorJonnedi-
dc.date.accessioned2020-09-14T01:42:12Z-
dc.date.available2020-09-14T01:42:12Z-
dc.date.issued2020-02-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5238-
dc.description.abstractKomunikasi dalam sebuah organisasi atau lembaga merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mencapai sebuah tujuan organisasi. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan yang diberi tugas oleh Kemdikbud Pusat dalam Implementasi sistem penjaminan mutu internal ke satuan pendidikan untuk melakukan pemenuhan dan peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini menganalisis bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan hambatannya dalam implementasi sistem penjaminan mutu internal pada satuan pendidikan. Sekolah yang melaksanakan sistem penjaminan mutu internal dinamakan juga “sekolah model”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi organisasi dan sistem penjaminan mutu internal. Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 9 orang yaitu Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara, pejabat yang menangani Sistem Penjaminan Mutu Internal, Komunikator, serta dari sekolah yang dilibatkan adalah pengawas dan kepala sekolah model ketua tim penjaminan mutu pendidikan sekolah dengan triangulasi data ada 1 orang informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyajian yang monoton dan tergesa-gesa, materi yang banyak, komunikan yang heterogen dan gagap teknologi, sekolah belum punya komitmen yang tinggi, sehingga pelaksanaan sekolah model berjalan kurang maksimal. Strategi komunikasi yang sudah dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara dalam implementasi sistem penjaminan mutu internal pada SMP model di kabupaten Deli Serdang baik strategi komunikasi Internal dan Eksternal dengan pendekatan kelembagaan maupun interpersonal langsung ke sekolah sudah dilakukan antara lain dengan menanda tangani memorandum of understanding, rapat koordinasi, bimbingan teknis, pendampingan, monitoring dan evaluasi, dan melalui aplikasi sudah dilaksanakan. Strategi komunikasi terus ditingkatkan dalam implementasi sistem penjaminan mutu internal agar Standar Nasional Pendidikan dapat tercapai.en_US
dc.subjectStrategi Komunikasien_US
dc.subjectKomunikasi Organisasien_US
dc.subjectSistemPenjaminan Mutu Internalen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Organisas Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara Dalam Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal pada SMP Model Di Kabupaten Deliserdangen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Master of Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS JONNEDI.pdf5.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.