Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5226
Title: PENGARUH KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA UPT SATUAN PENDIDIKAN FORMAL SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
Authors: FITRIA TANJUNG, DIAN
Keywords: kemampuan awal matematika;problem based learning;discovery learning;open ended;kemampuan pemecahan masalah matematika;self efficacy
Issue Date: 11-Sep-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap self effcacy siswa, (3) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap self efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen: (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan materi Teorema Phytagoras, (3) angket self efficacy. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis covarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari ketiga model pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model problem based learning, discovery learning, dan open ended memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan self efficacy siswa. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa yang diajar dengan menggunakan model problem based learning lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa yang diajar dengan menggunakan model discovery learning dan open ended. (3) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran yang berlangsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran yang berlangsung terhadap self efficacy siswa, namun untuk kemampuan awal siswa pada proses pembelajaran tidak memiliki pengaruh terhadap self efficacy berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan dari ketiga model pembelajaran yang digunakan, model problem based learning dan discovery learning baik digunakan dan dikondisikan dengan keadaan siswa serta menjadi alternatif bagi guru matematika meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa dalam pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5226
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS DIAN FITRIA TANJUNG.pdf7.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.