Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5174
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBr Karo-karo, Chynta-
dc.date.accessioned2020-09-10T06:10:34Z-
dc.date.available2020-09-10T06:10:34Z-
dc.date.issued2020-08-15-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5174-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini berjumlah 50 siswa. Sampel berjumlah 25 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik random sampling atau teknik acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu dengan post testonly kontrol, yaitu cara suatu penelitian yang menunjukkan pengaruh suatu model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa menulis teks pantun, dengan teknik random sampling atau teknik acak penelitian data yang diperoleh siswa, alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis teks pantun.Hasil penelitian kelas eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) diperoleh nilai rata-rata 87,46 dan dikategorikan sangat baik diketahui siswa yang paling banyak mendapat nilai 80-100 sebanyak 25 siswa atau 100%, sedangkan kemampuan menulis pantun pada kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata 58,66 dan dikategorikan kurang diketahui siswa yang paling banyak mendapat nilai 40-55 sebanyak 12 siswa atau 48%. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji hipotesis ttabel = 1,677 diketahui bahwa thitung = 27,16 yaitu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan menulis pantunpada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020en_US
dc.subjectThink Pair Shareen_US
dc.subjectMenulisen_US
dc.subjectPantunen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
CHYNTA BR KARO-KARO 1502040110.pdf6.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.