Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5171
Title: Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Ajaran 2020/2021
Authors: Syahni, Sasmita
Keywords: Model Pembelajaran Make a Match;Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 13-Aug-2020
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah modelMake a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021 dan (2) Bagaimana penerapan model Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021 dan (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model model Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Make a Match. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021 yang terdiri dari 26 orang siswa dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek Penelitian ini adalah hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada tahap awal mencapai 19,23 % kemudian pada siklus I menjadi 53,84 % kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,61 %. Dan hasil observasi aktivitas siswa dapat ditunjukkan bahwa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,334 dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat hingga 2,885 dengan kategori baik. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5171
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SASMITA SYAHNI .pdf11.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.