Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5159
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUlfa., Maria-
dc.date.accessioned2020-09-08T02:56:41Z-
dc.date.available2020-09-08T02:56:41Z-
dc.date.issued2020-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5159-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran CRH ( Crouse Review Horay) dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas VII-3 SMP Cerdas Murni Tembung T.P 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Cerdas Murni Tembung VII-1, VII-2, VII-3, dan VII-4 yang seluruhnya berjumlah 120 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-3, yang berjumlah 30 siswa, pada sesi pertama no absen 1 sampai 15 yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol, sedangkan untuk kelas eksperimen adalah siswa dengan nomor absen 16 sampai 30. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Crouse Review Horay. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang berjumlah lima soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata aktivitas kemampuan belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan model Crouse Review Horay. Pada uji normalitas dengan n=15 pada taraf Signifikasi 0,05, maka data pre-test kelas kontrol diperoleh ( ) ( ) dan kelas eksperimen diperoleh ( ) ( ) Data post-test kelas kontrol diperoleh ( ) ( ), dan data post-test kelas eksperimen diperoleh ( 0,118) < ( ), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan n=15 pada taraf signifikasi α = 0,05, ( ) (2,48) pre-test dan ( ) ( ) pada post-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test kemampuan belajar matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen homogen. Pada uji t ( ) pada taraf signifikasi 0,05 dengan n=15 didapat harga (2,048), karena > atau (7,60) >2,048 maka Ho ditolak. Pada uji N-Gain ternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 0,5 tergolong sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,7 tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Crouse Review Horay efektif dalam meningkatkan aktivitas kemampuan belajar matematika pada siswa SMP Cerdas Murni Tembung T.P 2020/2021en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectModel pembelajaran Crouse Review Horayen_US
dc.subjectAktivitas Kemampuan Belajar Matematikaen_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay ) Dalam Meningkatkan Aktivitas Kemampuan Belajar Pada Siswa SMP Cerdas Murni Tahun Pelajaran 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.