Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5158
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSilvia, Nur-
dc.date.accessioned2020-09-08T02:48:51Z-
dc.date.available2020-09-08T02:48:51Z-
dc.date.issued2020-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5158-
dc.description.abstractAdapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran MID (Meaningful Interactional Design) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X-MIPA SMAS Al- Hikmah Medan? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah model Meaningful Interactional Design efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas X-MIPA SMAS Al-Hikmah Medan T.P 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Al- Hikmah Medan yang berjumlah 150 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-MIPA 2 SMAS Al-Hikmah Medan berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X-MIPA 1 SMAS Al-Hikmah Medan berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Meaningful Interactional Design. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Berdasarkan analisis data diperoleh data pre-test kelas kontrol diperoleh Lo (0,155) < Ltabel (0,161) dan kelas ekperimen diperoleh Lo (0,152) < Ltabel (0,161). Data post test kelas kontrol diperoleh Lo (0,089) < Ltabel (0,161) dan data post-test kelas ekperimen diperoleh Lo (0,129) < Ltabel (0,161). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test pada kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan n = 30 pada taraf signifikasi = 0,05, maka ℎ < pada pre-test (1,07 < 1,85) dan ℎ < pada post-test (1,14 < 1,85). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pada uji t diperoleh ℎ = 6,000 , pada taraf signifikasi 0,05 dengan n = 30 didapat harga = 2,000. Karena ℎ > atau 6,000 > 2,000 maka ditolak. Pada uji gain ternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 0,5 tergolong sedang sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,7 tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Meaningful Interactional Design efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMAS Al-Hikmah Medan T.P 2020/2021en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectMeaningful Interactional Designen_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.titleEfektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MID (Meaningful Interactional Design) Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA Swasta Al-Hikmah Medan T.P 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.