Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4985
Title: Komodifikasi Isi Program Siaran Di Balik Ideologi Ekonomi Politik Media Pada Tayangan Indonesia Lawyers Club TvOne
Authors: Safitri, Reni
Keywords: TvOne;Talkshow ILC;Komodifikasi Isi
Issue Date: 20-Jul-2020
Abstract: Penelitian ini menjelaskan mengenai komodifikasi isi program siaran Indonesia Lawyers Club TvOne episode Anies Tak Putus Dirundung Tuduhan edisi 12 November 2019. Menggunakan teori ekonomi politik media Vincent Mosco, komodifikasi isi yaitu Proses mengubah pesan dan sekumpulan data ke dalam sistem makna sedemikian rupa sehingga menjadi produk yang bisa v dipasarkan.Tujuan dilakukan penelitian ini ialah Untuk mengetahui bagaimana media mengkomodifikasi isi program siaran untuk menarik perhatian pemirsa pada tayangan Indonesia Lawyers Club pada tema tersebut, membuka tabir bagaimana media menjadikan isi pesan program siaran sebagai komoditas utama untuk dijual ke pasar. ILC hadir dengan format diskusi yang berbeda dengan talkshow lainnya. Program ini menghadirkan narasumber-narasumber berkompeten dan setiap tema yang diangkat selalu berdasarkan isu yang sedang hangat terjadi. Episode Anies Tak Putus Dirundung Tuduhan menjadi tema sentral ILC untuk mengupas segala perdebatan akan isu tidak transparan pengalokasian dana APBD DKI Jakarta yang dilakukan oleh Gubernur Anies Baswedan. Hasil dari penelitian ini melihat bagaimana ILC mengkomodifikasi isi pesan dengan memanfaatkan momentum dari isu yang sedang hangat, menghadirkan narasumber dan pembawa acara yang berkompeten dibidangnya menjadikan point utama untuk menarik perhatian masyarakat agar menonton tayangan tersebut sehingga dapat mengait pengiklan sebagai sponsor program talkshow ILC
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4985
Appears in Collections:Communication Studies



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.