Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4978
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Carlina, Anita | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-27T04:23:16Z | - |
dc.date.available | 2020-08-27T04:23:16Z | - |
dc.date.issued | 2020-08-13 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4978 | - |
dc.description.abstract | Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah ialah bagaimana pengembangan penilaian dalam pembelajaran alquran dengan menggunakan penilaian autentik di SMP Swasta Rahmat Islmiyah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan penilaian dengan menggunakan penilaian autentik di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Metode penelitian ini adalah R and D (Research and Development) yang menghasilkan buku, berjudul “Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Alquran”. Prosedur penelitian ini mengikuti prosedur penelitian R n D dari Borg and Gall. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan proses lima tahap yaitu: (1) tahap persiapan dan pengumpulan data, (2) tahap pengembangan produk, (3) tahap validasi ahli, (4) tahap uji coba produk dan revisi, serta (5) tahap pelaporan. Teknik penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kali uji coba lapangan, adapun sampel yang diambil dari uji coba pertama ialah kelas VIII B sebanyak 36 siswa dan uji coba kedua pada kelas VIII A sebanyak 36 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa ditandai dengan antusiasnya siswa dalam merespon maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, serta kesesuaian penilaian dengan Kurikulum 2013 yang bersifat autentik yaitu dengan menilai aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, hasil belajar peserta didik dengan menggunakan penilaian autentik mengalami peningkatan pada uji coba kedua yaitu sikap spiritual meningkat sebesar 0,09, sikap sosial sebesar 0,31, pengetahuan sebesar 0,04 dan aspek keterampilan sebesar 0,05 dengan kriteria penilaian tertinggi yaitu 4,00 (sangat baik). | en_US |
dc.subject | Pengembangan | en_US |
dc.subject | Penilaian | en_US |
dc.subject | Autentik | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Alquran | en_US |
dc.title | Pengembangan Penilaian Dalam Pembelajaran Al-Quran Menggunakan Penilaian Autentik Di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ANITA CARLINA.pdf | 4.87 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.