Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4913
Title: Pengaruh Media Aplikasi Instagram terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII Smp Swasta Pelita Tahun Pembelajaran 2019-2020
Authors: Hardianti, Lisa
Keywords: Media;Aplikasi Instagram;Kemampuan Menulis dan Teks Deskripsi
Issue Date: 7-Mar-2020
Abstract: Kegiatan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Menulis bukan hanya sebatas kegitan menuliskan kata-kata diatas kertas saja, akan tetapi kegiatan menulis dapat melatih siswa untuk mengembangkan penalarannya. Keterampilan menulis ini tentu perlu adanya perhatian yang khusus untuk mengembangkan kemampuan menulis pada siswa. Menulis merupakan kegitan yang tidak dapat dihindari oleh siswa karena semua pelajaran tentunya menuntut siswa untuk dapat menulis dengan baik dan benar. Dengan menggunakan metode ceramah para siswa tidak mencapai nilai ketuntasan, ini terbukti bahwa perubahan atau inovasi dalam proses pembelajaran sangat penting dilakukan oleh guru dan calon guru. Kehadiran media dalam proses pembelajaran memberikan kemudahan bagi guru untuk mencapai tujuan proses pembelajaran kepada para siswa. Media juga menjadi alat bantu untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. kasus yang sudah dijelaskan diatas bahwa dengan media pembelajaran guru dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa agar gemar menulis. Setelah dilakukan research dengan perlakuan eksperimen (media aplikasi Instagram) dan kontrol (metode ceramah) pada sekolah SMP peneliti menemukan adanya pengaruh media aplikasi Instagram terhadap kemampuan menulis teks deksripsi siswa SMP Swasta Pelita Medan adalah sebesar 96,04%, dan 3,96% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4913
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi lisa.pdf10.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.