Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4882
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPangestu, Abdi-
dc.date.accessioned2020-08-24T10:43:49Z-
dc.date.available2020-08-24T10:43:49Z-
dc.date.issued2020-07-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4882-
dc.description.abstractLayanan bimbingan kelompok adalah layanan yang mengacu kepada aktivitasaktivitas kelompok yang berfokus kepada penyediaan informasi atau pengalaman lewat aktivitas kelompok yang terencana dan terorganisir yang bertujuan menyediakan informasi melalui aktivitas kelompok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar underachievement pada siswa di SMP Muhammadiyah 49 Medan maka dari itu peneliti akan memberikan layanan bimbingan kelompok guna untuk menangani siswa underachievement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar underachievement pada siswa dengan layanan bimbingan kelompok di kelas IX SMP Muhammadiyah 49 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian layanan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualiatif dengan subjek penelitian sebanyak 27 orang dan objek penelitian sebanyak 6 orang siswa. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan wawancara yang sesuai dengan efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap menangani siswa underachievement pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 49 Medan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Perubahan yang dialami siswa bisa dilihat dari pengamatan pertama yang mendapatkan hasil 20% sesudah melaksanakan kegiatan lanjutan ataupun pengamatan kedua diperoleh hasil sebanyak 80%, jadi bisa dikatakan bahwa siswa sudah mengalami perubahan. Dari hasil penelitian yang diketahui bahwa Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Untuk Menangani Siswa Underachievement sudah berhasil dilaksanakan di kelas IX SMP Muhamadiyah 49 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.en_US
dc.subjectBimbingan Kelompoken_US
dc.subjectPendekatan Rational Emotive Behaviour Therapyen_US
dc.subjectUnderachievementen_US
dc.titleEfektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi abdi.pdf2.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.