Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4869
Title: Pengaruh Penggunaan Metode Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Muhammadiyah 15 Medan
Authors: Febrianti, Riska
Keywords: Metode Crossword Puzzle, Hasil Belajar
Issue Date: 10-Aug-2020
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 24 siswa kelas VIII 1 untuk kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VIII 2 untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes berbentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (pretes-postes) yang berjumlah 15 dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode crossword puzzle yang diterapkan dikelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan metode crossword puzzle, sebelum diterapkan metode crossword puzzle pada kelas eksperimen mendapatkan mean x= 61,46. Namun setelah diterapkan metode crossword puzzle postes kelas eksperimen mendapat mean x= 85,16. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t di peroleh nilai thitung = 3,57 dan ttabel 2,02 sehingga hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel ( thitung > ttabel : 3,57 > 2,02 ).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4869
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN METODE CROSSWORD PUZZLE RISKA.pdf2.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.