Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4809
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMutiara-
dc.date.accessioned2020-08-14T08:08:36Z-
dc.date.available2020-08-14T08:08:36Z-
dc.date.issued2020-07-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/4809-
dc.description.abstractLayanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah siswa secara bersama-sama memperoleh bahan dari narasumber tertentu (terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari bagi individu sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri anak atau siswa kidal. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang beralamat di jalan Sei Mencirim, Desa Medan Krio , Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli-serdang. Subjek dan Objek peneliti adalah siswa kelas XI untuk meningkatkan rasa percaya diri anak atau siswa kidal. Proses pengambilan data dilakukan selama dua minggu yakni pada bulan Juni 2020, dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri anak atau siswa kidal yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan berhasil meningkatkan rasa percaya diri siswa kidal dilihat dari hasil observasi dan wawancara anak atau siswa berkomitmen dengan berjanji lebih percaya diri sehingga tercapai tujuan layanan. Dan hal ini terbukti pada perubahan sikap siswa yang tadinya sering menyendiri dan pendiam dikelas, sikap anak atau siswa yang kurang dapat aktif dalam bersosialisasi sudah dapat mengkontrol diri dan bersikap menjadi lebih baik. Perubahan tersebut setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dalam upaya pencapaian sasaran dilakukan bersama antara konseli dan konselor. Sebelum saya melakukan layanan bimbingan kelompok saya melihat rasa percaya diri para siswa-siswi ini masih terjadi di dalam kelas sewaktu saya melakukan observasi yaitu di kelas XI lalu ketika saya melakukan layanan bimbingan kelompok maka terjadi peningkatan sebesar 85% siswa lebih percaya diri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok Efektif Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kidal Kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2019/2020.en_US
dc.subjectBimbingan Kelompok dan Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Kidalen_US
dc.titleEfektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Bagi Anak Kidal di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI-dikonversi.pdf1.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.