Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4745
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPratiwi, Aldina S-
dc.date.accessioned2020-08-11T04:19:30Z-
dc.date.available2020-08-11T04:19:30Z-
dc.date.issued2020-07-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4745-
dc.description.abstractPenelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya motorik kasar anak kelompok B TK Kurnia 2 Kecamatan Medan Marelan. Hal ini mungkin dikarenakan media, metode dan strategi yang digunakan guru belum efektif dan kurang memotivasi minat belajar anak. Berdasarkan masalah di atas, diharapkan melalui kegiatan permainan bernyanyi (singing game) dapat meningkatkan motorik kasar anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok B dan berjumlah 15 anak dengan rincian 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi unjuk kerja. Alat yang digunakan adalah lembar instrumen penilaian dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penilaian dilakukan melalui 3 siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motorik kasar anak kelompok B pada pra siklus yaitu : melakukan 2-3 perintah secara bersamaan 20%, melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki 13,3%, berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara 6,6% dan menggerakkan kepala, tangan dan kaki sesuai irama musik 13,3% dengan rata-rata 13,3%, lalu siklus I melakukan 2-3 perintah secara bersamaan 33,3%, melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki 26,6%, berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara 26,6% dan menggerakkan kepala, tangan dan kaki sesuai irama musik 33,3% naik menjadi 29.95%, siklus II melakukan 2-3 perintah secara bersamaan 53,4%, melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki 40%, berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara 53,4% dan menggerakkan kepala, tangan dan kaki sesuai irama musik 46,7%, naik menjadi 48,38% dan siklus III melakukan 2-3 perintah secara bersamaan 86,7%, melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki 86,7%, berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara 80,1% dan menggerakkan kepala, tangan dan kaki sesuai irama musik 80,1%, naik mencapai 83,4%, perolehan pada siklus III membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu motorik kasar anak mengalami peningkatan >80%. Hal ini menyimpulkan bahwa melalui permainan bernyanyi (singing game) motorik kasar anak kelompok B TK Kurnia 2 Kecamatan Medan Marelan meningkat dengan baiken_US
dc.subjectMotorik Kasaren_US
dc.subjectPermainan Bernyanyien_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bernyanyi (Singing Game) di TK Kurnia 2 Kecamatan Medan Marelanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Aldina S Pratiwi.pdf2.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.