Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4578
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNurjannah, Annisa-
dc.date.accessioned2020-07-25T03:45:05Z-
dc.date.available2020-07-25T03:45:05Z-
dc.date.issued2020-03-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4578-
dc.description.abstractMasalah dalam penelitian ini adalah Kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik pada bidang pengembangan PAI di RA tergolong rendah karena metode pembelajaran yang kurang begitu variatif, guru hanya mengutamakan penyampaian materi semata-mata tanpa memikirkan apakah siswanya termotivasi atau tidak, masih adanya sebagian guru dalam mengajar masih menggunakan metode yang tidak variatif, metode yang digunakan guru tidak komunikatif, sehingga anak tidak termotivasi dalam belajar, dan pengelolaan kelas yang belum sesuai dengan yang diharapkan, serta siswa juga terkesan bosan atau jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dan cenderung kehilangan daya kreativitas, aktivitas dan inovasi dalam pembelajaran Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan hafalan doa sehari-hari melalui metode reading aloud di RA An-Nur Kelurahan Nangka Kecamatan Binjai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan hafalan doa sehari-hari melalui metode Reading Aloud di kelas B RA An-Nur Kelurahan Nangka Kecamatan Binjai Utara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas B RA An-Nur Binjai yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes untuk mengetahui kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik, metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui metode Reading Aloud, dan metode dokumentasi untuk mengetahui nama peserta didik, jumlah peserta didik dan rencana kegiatan harian. Kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik kelas B RA An-Nur Binjai mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah diberikan tindakan berupa penerapan metode Reading Aloud sebagai upaya meningkatkan kemampuan hafalan doa sehari-hari. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase hasil hafalan doa seharihari peserta didik secara klasikal sebelum dilakukan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan yang dikategorikan kepada kelancaran hafalan dan ketepatan bacaan. Pada pra siklus kelancaran hafalan do’a sehari-hari peserta didik yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik berjumlah 4 orang atau 20 % dan ketepatan bacaan do’a sehari-hari peserta didik yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik berjumlah 0 orang atau 0 %. Sedangkan pada siklus I kelancaran hafalan do’a sehari-hari peserta didik yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik meningkat menjadi 11 orang atau 55 % dan ketepatan bacaan do’a sehari-hari peserta didik yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik meningkat menjadi 9 orang atau 45 %. Kemudian pada siklus II kelancaran hafalan do’a sehari-hari peserta didik yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik meningkat lagi menjadi 20 orang atau 100 % dan ketepatan bacaan do’a sehari-hari peserta didik yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik meningkat menjadi 20 orang atau 100 %.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectHafalan Doa Sehari-harien_US
dc.subjectMetode Reading Alouden_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Hafalan Doa Sehari-Hari Melalui Metode Reading Aloud di RA An-Nur Kelurahan Nangka Kecamatan Binjai Utaraen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
01. ANNISA NURJANNAH 2020.pdf4.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.