Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4535
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Susi Novi Handayani-
dc.date.accessioned2020-07-20T03:58:04Z-
dc.date.available2020-07-20T03:58:04Z-
dc.date.issued2019-12-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4535-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode pedagang dan masyarakat di Pasar Langkimat.. Penelitian ini dilakukan di Pasar Tradisional di Langkimat. Adapun situs yang penulis jadikan sebagai objek analisis adalah tuturan pedagang dan penjual di pasar tradisional Langkimat dengan jumlah tuturan tiga puluh tuturan. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik rekam catat. Pendekatan yang digunakan dalam analisis ini adalah pendeketan kualitatif. Data dianalisis dengan mendengarkan tuturan dari sebuah audio pedagang dan penjual pasar tradisional di Langkimat. Hasil analisis berupa tuturan pedagang dan penjual pasar tradisional di Langkimat yang menghasilkan alih kode dan campur kode. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk alih kode ditemukan sebanyak dua belas alih kode sedangkan campur kode ditemukan sebanyak delapan campur kode dari sebanyak 30 tuturan dari dua percakapan dalam topik yang berbeda. Mereka banyak menggunakan percampuran bahasa dan peralihan bahasa dalam berinteraksi. Interaksi yang digunakan oleh pedagang pasar tradisional di Langkimat adalah ragam bahasa. Ragam bahasa adalah bentuk-bentuk Bahasa atau variasi bahasa yang terjadi akibat keragaman fungsi dan sosial bahasa. Ragam bahasa yang digunakan adalah bahasa Mandailing, bahasa Jawa, Bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Sumatera Utaraen_US
dc.subjectAlih kodeen_US
dc.subjectCampur Kodeen_US
dc.subjectBahasa Pedagangen_US
dc.titleAlih Kode dan Campur Kode Bahasa Pedagang Pasar Tradisional di Langkimaten_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SP - 1502040272.pdfFulltext7.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.