Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/433
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNingsih, Rahayu-
dc.date.accessioned2020-02-29T10:00:55Z-
dc.date.available2020-02-29T10:00:55Z-
dc.date.issued2018-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/433-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan software Autograph dan buku panduan penggunaan Autograph pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengembangan validasi materi dan media, angket tanggapan guru dan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Dalam proses mengembangkan media pembelajaran menggunakan Autograph yang dimuat dalam buku panduan pembelajaran pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implement (Pelaksanaan) and Evaluation (Evaluasi). Pada tahap analyze (Analisis) peneliti melakukan observasi untuk mengetahui kesenjangan kinerja, menetapkan tujuan, menganalisis peserta didik, sumber daya yang tersedia,dan rencana kerja. Pada tahap design (desain) peneliti mengadakan atau membuat hal yang dibutuhkan, menyusun evaluasi formatif desain, dan menghasilkan strategi pengujian. Pada tahap development (pengembangan) media yang telah divalidasi oleh1 orang validator media dan 1 orang validator materi dikembangkan sampai media dinyatakan layak untuk diujicobakan pada ujicoba perorangan dan ujicoba kelompok kecil Pada tahap implement (pelaksanaan) media yang sudah diujicobakan pada ujicoba perorangan dan ujicoba kelompok kecil yang diterapkan pada situasi belajar yang sesungguhnya. Untuk tahap evaluation (evaluasi) media dinilai dengan evaluasi formatif dan sumatif, evaluasi formatif dilakukan pada setiap tahap untuk perbaikan media sedangkan evaluasi sumatif dilakukan untuk menentukan effectifitas. Media dikatakan effektif apabila sudah mencapai KKM yang ditentukan sekolah dan media dipersepsikan secara baik oleh siswa. Keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria valid dan sangat valid berdasarkan penilaian ahli materi dan media dengan skor masing-masing 4,6 dan 4,3; b) kepraktisan dengan kriteria praktis berdasarkan penilaian guru dan siswa dengan skor masing-masing 4,5 dan 72 % c) keefektifan dengan kriteria tinggi berdasarkan tes hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 83,33%. Sehingga media pembelajaran ini efektif serta bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP, Khususnya dalam pembelajaran materi persamaan garis lurus. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan software Autograph dan buku panduan penggunaan Autograph pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengembangan validasi materi dan media, angket tanggapan guru dan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Dalam proses mengembangkan media pembelajaran menggunakan Autograph yang dimuat dalam buku panduan pembelajaran pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implement (Pelaksanaan) and Evaluation (Evaluasi). Pada tahap analyze (Analisis) peneliti melakukan observasi untuk mengetahui kesenjangan kinerja, menetapkan tujuan, menganalisis peserta didik, sumber daya yang tersedia,dan rencana kerja. Pada tahap design (desain) peneliti mengadakan atau membuat hal yang dibutuhkan, menyusun evaluasi formatif desain, dan menghasilkan strategi pengujian. Pada tahap development (pengembangan) media yang telah divalidasi oleh1 orang validator media dan 1 orang validator materi dikembangkan sampai media dinyatakan layak untuk diujicobakan pada ujicoba perorangan dan ujicoba kelompok kecil Pada tahap implement (pelaksanaan) media yang sudah diujicobakan pada ujicoba perorangan dan ujicoba kelompok kecil yang diterapkan pada situasi belajar yang sesungguhnya. Untuk tahap evaluation (evaluasi) media dinilai dengan evaluasi formatif dan sumatif, evaluasi formatif dilakukan pada setiap tahap untuk perbaikan media sedangkan evaluasi sumatif dilakukan untuk menentukan effectifitas. Media dikatakan effektif apabila sudah mencapai KKM yang ditentukan sekolah dan media dipersepsikan secara baik oleh siswa. Keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria valid dan sangat valid berdasarkan penilaian ahli materi dan media dengan skor masing-masing 4,6 dan 4,3; b) kepraktisan dengan kriteria praktis berdasarkan penilaian guru dan siswa dengan skor masing-masing 4,5 dan 72 % c) keefektifan dengan kriteria tinggi berdasarkan tes hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 83,33%. Sehingga media pembelajaran ini efektif serta bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP, Khususnya dalam pembelajaran materi persamaan garis lurus.en_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran dan Autographen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autograph Pada Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 20172018en_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.