Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4334
Title: Akuntabilitas Pelayanan Publik Dalam Pelaksanaan Pengurusan E-Ktp Di Kelurahan Glugur Darat I Kecamatan Medan Timur
Authors: Aprillia, Vani
Keywords: Pelayanan Publik
Issue Date: 20-Apr-2017
Abstract: Seiring dengan bergulirnya arus reformasi, maka birokrasi juga tidak luput dari sasaran reformasi, hal ini dapat dilihat dari bergesernya paradigma pemerintah dari penguasa menjadi pelayan. Masyarakat/publik merasa kecewa kepada pemerintah karena kinerja birokrasinya yang kurang optimal, pemerintah dianggap kurang mampu dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Buruknya kinerja pelayanan publik saat ini disebabkan karena belum terlaksananya akuntabilitas yang baik dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Untuk dapat mewujudkan pemerintahan yang baik yang bercirikan Good Governance maka yang paling penting diterapkannya prinsip-prinsip salah satunya Akuntabilitas dalam proses pelayanan publik yang dapat meningkatkan kinerja mereka dan mempertanggungjawabkannya kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Akuntabilitas Pelayanan Publik dalam Pelaksanaan Pengurusan e-KTP di Kelurahan Glugur Darat I serta peranan petugas Kelurahan Glugur Darat I dalam melaksanakan pengurusan e-KTP. Manfaat dari penelitian ini untuk bahan masukan dan sekaligus sebagai bahan evaluasi terhadap akuntabilitas pelayanan publik dalam pelaksanaan pengurusan e-KTP Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Adapun yang menjadi narasumber peneliti berjumlah 6 orang yaitu, Lurah Kelurahan Glugur Darat I, Sekretaris Lurah, Kasi Pemerintahan, Kepala Lingkungan serta masyarakat yang telah mengurus e-KTP 2 orang. Hasil dari penelitian ini adalah Akuntabilitas pelayanan publik dalam pelaksanaan pengurusan e-KTP di Kelurahan Glugur Darat I sudah dapat dikatakan terwujud dengan baik sesuai dengan beberapa kategorisasi yang berhubungan dengan akuntabilitas, hanya saja waktu yang masih belum terlaksana dengan baik karena jangka waktu penyelesaian e-KTP yang belum sesuai. Dan secara keseluruhan pihak kelurahan sudah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam pengurusan e-KTP
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4334
Appears in Collections:Public Administration Science



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.