Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4333
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMailina, Riri-
dc.date.accessioned2020-06-30T03:06:42Z-
dc.date.available2020-06-30T03:06:42Z-
dc.date.issued2017-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4333-
dc.description.abstractUsaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, dan dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Keberadaan lembaga Koperasi Simpan Pinjam Kota Tanjung Balai sangat diharapkan masyarakat terutama yang memiliki Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah karena keberadaan lembaga koperasi sangat bermanfaat dalam mendukung modal usaha masyarakat dalam membangun keberlangsungan usahanya, terutama dalam meningkatkan minat untuk tetap berusaha dan mendorong bertambahnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang dimiliki masyarakat kota Tanjung Balai yang masih memerlukan modal usaha dalam mengembangkan usahanya. Hal inilah yang diharapkan masyarakat pengusaha mikro, kecil dan menengah dari peran pemerintah atau lembaga koperasi dalam memberikan pelayanan simpan pinjam modal usahanya. Pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah selama ini memiliki pandangan bahwa pelayanan yang diberikan aparatur/pengurus koperasi simpan pinjam dalam melaksanakan simpan pinjam modal usaha cenderung kurang efektif bahkan kurang profesional. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode/jenis penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan pemberian pelayanan simpan pinjam modal UMKM yang dilaksanakan oleh kantor Koperasi Simpan Pinjam Kota Tanjung Balai terhadap anggota simpan pinjam sudah dilaksanakan tepat waktu dan efektif, serta tidak pernah mengulur waktu dan tidak pernah berbelit-belit. Hal ini sebagaimana hasil pembahasan tentang adanya ketepatan waktu, yang dikjemukakan oleh para narasumber. Kemudian dari hasil pembahasan tentang adanya wewenang dan tanggung jawab, bahwa para pelaksana pelayanan di koperasi sudah memiliki tanggung jawab dan disiplin dalam memberikan pelayanan sesuai dengan kewenangannya. Kemudian hasil pembahasan tentang adanya prosedur dan mekanisme kerja, dan adanya kepuasan masyarakat/anggota sudah terlaksana dengan baik. Kemudian tentang adanya sarana serta fasilitas kerja dalam proses pelaksanaan simpan pinjam modal usaha UMKM telah didukung sarana dan fasilitas yang memadaien_US
dc.titleEfektivitas Pelaksanaan Simpan Pinjam Modal Umkm Dalam Rangka Pelayanan Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Koperasi Simpan Pinjam Pemerintah Kota Tanjungbalaien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Public Administration Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSIl.pdf1.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.